The Journal of a man who finds the best ideas and make them happen...

Ide Bisnis Kreatif: Cara Ampuh Untuk Memperbanyak Konsumen


ide bisnis kreatif memperbanyak konsumen
Cara yang ampuh untuk mendorong pembeli untuk membeli dari Anda adalah dengan memberikan pembelian pertama secara gratis.

Tunggu! Bukankah saya menjalankan bisnis untuk menghasilkan uang?

Ya, dan kadang kala hal itu dapat menjadi cara terbaik untuk mendorong pembeli kembali kepada Anda dan membeli. Jika Anda melakukan bisnis untuk jangka waktu lama, Anda harus tertarik pada nilai seorang pelanggan selamanya, tidak hanya pembelian hari ini. Berapa banyak pembeli tersebut dengan segera akan menjadi pelanggan yang mengeluarkan uangnya untuk 20 tahun ke depan? Apakah jumlah ini sebanding dengan investasi berberapa rupiah?



Inilah psikologi di balik tindakan "pemberian sampel" di supermarket dan toko khusus makanan. Memberikan secara gratis contoh produk untuk dicicipi. Jika rasanya enak, pembeli akan kembali untuk membeli lebih banyak.




Misalnya saja, ada perusahaan farmasi yang menyediakan contoh dosis resep obat mereka pada dokter untuk diberikan pada konsumen pada saat awal resep itu dibuat. Dan contoh lainnya, banyak penerbit buku yang memberikan data bab pertama dari buku penulis melalui internet. Dalam kasus ini, penjual mengharapkan pembeli akan membeli setelah konsumen mencobanya.


Hadiah Anda tidak harus berwujud sebuah pemberian yang utuh. Seringkali "pemberian gratis" menjadi satu rangkaian dengan pembelian lain.

Misalnya, perusahaan kosmetika sering memberikan "contoh gratis" produk mereka jika Anda membeli beberapa rupiah untuk produk tertentu. Penjual mengirimkan ke Pemukim Baru surat penawaran setiap bulan untuk supermarket yang berbeda di seluruh kota yang memberikan hadiah pembelian eceran gratis Rp 50.000.

Jika pelanggan membeli minimal seharga Rp 250.000. Dan kebanyakan toko melaporkan bahwa pelanggan yang mendapatkan gratis Rp. 50.000 akan mengeluarkan uang setidaknya Rp 500.000 pada kunjungannya.



Dalam skala yang luas, memberikan produk secara gratis dapat menjadi manuver pemasaran yang sangat berhasil. Contohnya Universitas Duke. Universitas tersebut memutuskan untuk memberikan "hadiah" sebuah Apple iPod untuk setiap mahasiswa pada kelas barunya yang dimulai pada musim gugur 2005. Mereka beranggapan bahwa penggunaan teknologi pada pendidikan seperti iPod telah dikembangkan dan mereka ingin mendorong mahasiswanya untuk memanfaatkan produk tersebut. Harga produk USD $300 itu kecil, dibandingkan biaya tahunan masuk Universitas Duke yang sekitar $40.000. Lihatlah publisitas seperti apa yang didapatkan oleh pengumuman tersebut!

Hasilnya luar biasa......

2 komentar:

  1. Hindari makan-makanan instan di supermarket. Meskipun makanan tersebut instan, namun tidak memiliki banyak nutrisi.

    Jika Anda ingin makan diluar pun harus berhati-hati sebab banyak yang menjual Box Makanan yang berbahaya bagi kesehatan tubuh. Seperti styrofoam, plastik, dll.

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.

Connect With Me