The Journal of a man who finds the best ideas and make them happen...

Ide Bisnis Kreatif: Omset 15 Juta Perbulan dari Usaha Laundry

ide bisnis kreatif dari usaha laundry
Saat ini, bisnis laundry tumbuh dan berkembang pesat ibarat jamur di musim hujan. Mulai dari yang bersifat perseorangan hingga waralaba (franchise). Mencuci adalah kebutuhan pokok semua orang, jadi bisnis ini akan dibutuhkan kapan pun.

Sungguh tidak salah apabila jasa laundry dibidik sebagai peluang bisnis yang menggiurkan dan menawarkan keuntungan yang luar biasa.

Di Yogyakarta saja yang tercatat memiliki 300.000 mahasiswa dan pelajar, perputaran omzet jasa laundry tidak kurang dari Rp. 1,5 milyar per bulan!

Berbisnis laundry ternyata tidak serumit yang kita bayangkan. Pergeseran gaya hidup dan tuntutan kehidupan masyarakat yang semakin meningkat memberikan peluang bisnis laundry semakin berkembang. Bisnis laundry memiliki pangsa pasar yang menjanjikan dan prospeknya makin hari makin bersinar.


Segmentasi Ide Bisnis Kreatif Ini

Bisnis laundry akan cepat berkembang di daerah dekat-dekat kampus yang identik dengan kawasan kos-kosan mahasiswa, bisa juga ditempatkan di kawasan pemukiman para karyawan kantor dan termasuk juga di kawasan hunian padat seperti perumahan dimana sehari-hari masyarakatnya relatif sibuk dengan berbagai aktivitas kerjanya.


Nilai Lebih dari Ide Bisnis Kreatif Ini

Jika Anda memang berniat terjun ke bisnis laundry Anda harus mempunyai keunggulan sendiri dari pesaing Anda. Misalnya: layanan antar jemput dengan syarat tidak lebih dari radius 5-10 km, adanya fasilitas cuci express "4 jam jadi" dengan ketepatan waktu yang membuat konsumen tidak ingin beralih ke laundry lain, proses packaging, dan berani memberi after sales service atau jaminan jika seandainya terjadi komplain dari pelanggan. 

Jaminan ini hanya diberikan kepada pelanggan yang merasa kecewa atau tidak puas karena pakaiannya ada yang rusak, luntur, atau tertukar. Dengan adanya jaminan, akan membuat pelanggan percaya bahwa bisnis laundry Anda bersikap profesional.

Anda bisa juga memberikan paket laundry yang bermacam-macam, misalnya ada paket cuci komplet, paket cuci hemat, paket cuci dry clean, dan paket cuci express. Penentuan harga paket ini disesuaikan dengan daerah dan lingkungan Anda.



Keramahan pelayanan juga menjadi salah satu nilai lebih. Pelayanan yang ramah akan membuat konsumen merasa senang dan dihargai sehingga mereka tidak segan untuk kembali datang.


Penghasilan Tambahan dari Ide Bisnis Kreatif Ini

Jika Anda yang sedang membuka usaha laundry menginginkan order yang cukup besar, Anda bisa melakukan pendekatan ke rumah sakit, hotel atau losmen.

Di Bandung misalnya, untuk hotel berbintang empat dan lima, jasa laundry harus dikerjakan oleh pihak luar atau eksternal. Otomatis pemilik jasa laundry yang sudah mempunyai kekuatan dari segi peralatan dan sumber daya manusianya akan lebih siap meraup untung.

Bayangkan saja, dari satu hotel Anda sebagai pemilik laundry menerima orderan untuk mencuci pakaian sebanyak 1 ton tiap hari, berapa banyak keuntungan yang luar biasa yang bisa Anda peroleh.


Strategi Promosi Ide Bisnis Kreatif Ini

Banyak hal yang bisa dilakukan untuk mendongkrak bisnis laundry Anda supaya lebih dikenal dan terus dikunjungi pelanggan. Misalnya bekerja sama dengan supermarket tertentu dengan memberikan voucher laundry setelah pembeli berbelanja minimal beberapa ribu rupiah.

Strategi yang lainnya bisa juga memberikan gratis mencuci sebanyak 1 kg setelah pelanggan mencuci 10 kali. Untuk cara ini, diperlukan sepuluh bukti mencuci (biasanya berbentuk nota).

1 komentar:


  1. Hello There. I found your blog using msn. This is an extremely well written article. I will be sure to bookmark it and return to read more of your useful information. Thanks for the post. I'll certainly return. craigslist michigan

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.

Connect With Me