The Journal of a man who finds the best ideas and make them happen...

Ide Bisnis Kreatif: Kesempatan Berbisnis

ide bisnis kreatif kesempatan berbisnis
Seringkali Anda mengalami kebingungan dalam memulai bisnis. Padahal mungkin ada ide segudang dalam pikiran Anda, dan rasanya sudah tidak sabar ingin mempunyai bisnis sendiri. Anda tahu? Itu merupakan sebuah kemajuan. Anda ingin mempunyai usaha/bisnis sendiri. Nah, sekarang yang jadi pertanyaan adalah, bisnis yang seperti apa yang Anda inginkan?

Di langkah awal ini Anda perlu menemukan ide-ide cemerlang. Tidak perlu muluk-muluk deh, yang simpel dan dapat dimulai dengan segera.

Kadang Anda juga tidak menyadari kalau sebuah ide yang ada dalam pikiran Anda, ide yang tadinya Anda pikir sederhana, ternyata bisa menghasilkan sebuah kesempatan bisnis baru.

Ide yang sederhana itu yang seperti apa? Anda pasti juga bertanya-tanya kan? Ide yang sederhana itu, ide yang timbul dari apa yang Anda perhatikan atau Anda alami sehari-hari. Beberapa orang dan literatur menyatakan bahwa untuk memulia bisnis, Anda harus mempunyai ide yang kreatif dan inovatif.

Itu tidak salah, tapi kadang itu muncul dari gagasan-gagasan Anda yang sebenarnya sangat sederhana.


Menyesuaikan dengan Kebutuhan Masyarakat Sekitar


Ide bisnis bisa muncul saat Anda melihat kebutuhan masyarakat sekitar. Tidak perlu jauh-jauh, cukup masyarakat di lingkungan tempat tinggal Anda. Sebagai contoh: Jika rumah Anda dekat dengan kawasan kampus, sedangkan kos-kosan sudah mulai menjamur di sekitarnya, kenapa Anda tidak membuka usaha makanan rantangan untuk mahasiswa, membuka laundry, atau jasa terjemahan dan pengetikan?

Sederhana saja bukan?


Memanfaatkan Relasi dan Koneksi


Relasi dan koneksi sebenarnya bisa Anda 'manfaatkan' dalam bisnis. Pemanfaatan disini dalam arti yang positif.

Contoh: Jika suami atau salah satu keluarga Anda menjadi dokter, kenapa Anda tidak mencoba membuka katering menu makanan sehat bagi relasi-relasinya. Atau katering diet bagi pasien-pasien mereka. Misalnya membuat menu khusus bagi penderita diabetes, asam urat, dll.

Banyak sekali peluang dan jalan untuk jadi pebisnis! Semuanya sah-sah saja untuk dicoba. Jadi, jangan ragu untuk memulai bisnis baru. Segala sesuatu bisa dimulai dari apa yang di sekeliling Anda.



Ingat, dalam praktik, sebuah bisnis berpeluang menjadi besar dan berkembang jika tingkat persaingan kecil, sementara tingkat kebutuhan tinggi. Atau, jika persaingan ketat maka bisnis Anda harus punya keunikan dan keunggulan dibanding bisnis serupa yang dijalankan para pesaing.

2 komentar:

  1. Usaha kecil yang sekarang menguntungkan itu bisnis catering.
    Target pasarnya jelas dan tinggal antar :)
    Kalo servisnya oke dan menunya enak, pasti bermanfaat sekali.
    Jika sudah ramai, sebaiknya Anda menggunakan Kemasan Makanan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk info tentang bisnis makanan bisa di lihat di post http://www.agungpambudi.com/2014/05/ide-bisnis-kreatif-kunci-sukses.html

      Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.

Connect With Me