The Journal of a man who finds the best ideas and make them happen...

Sejarah dan Perkembangan Printer

Printer adalah perangkat elektromekanis yang mengubah teks dan dokumen grafis dari bentuk elektronik (digital) ke bentuk fisik. Umumnya printer merupakan perangkat tambahan eksternal (external peripheral devices) yang terhubung dengan komputer atau laptop melalui kabel atau nirkabel untuk menerima input data dan mencetaknya pada kertas. Hingga saat ini, berbagai printer telah tersedia dengan berbagai fitur mulai dari mencetak dokumen hitam putih, berwarna, baik dengan kualitas grafis rendah maupun tinggi, serta gabungan fungsi dari perangkat lainnya.


Printer mekanik pertama diciptakan oleh Charles Babbage yang dikembangkan pada tahun 1822. Printer Babbage menggunakan batang logam dengan karakter cetak pada setiap batang untuk mencetak teks pada gulungan kertas. Printer dot matrix pertama dibuat oleh IBM pada tahun 1957. Printer dot matrix pertama kali diperkenalkan oleh Centronics pada tahun 1970. Printer inkjet mulai dikembangkan pada akhir tahun 1950, tidak sampai akhir tahun 1970 mereka mampu memproduksi gambar digital berkualitas. Printer inkjet berkualitas ini dikembangkan oleh beberapa perusahaan, termasuk Canon, Epson dan Hewlett-Packard.


Pada awal tahun 1970 Gary Starkweather menemukan printer laser dengan mengubah salah satu dari 7000 mesin fotokopi mereka. Baru pada tahun 1984 Hewlett-Packard memperkenalkan HP LaserJet. Tahun berikutnya Apple memperkenalkan Apple LaserWriter. Printer laser lebih kompleks dari pendahulunya. Printer 3D diciptakan oleh Chuck Hull pada tahun 1984. Printer 3D bekerja dengan mengambil berkas digital suatu objek dan memproduksi-nya lapis demi lapis menggunakan berbagai bahan seperti plastik logam.


Dari segi kualitas, perangkat printer diidentifikasi dengan fitur-fitur bawaannya seperti kualitas warna, kecepatan cetak, resolusi cetak, dll. Dalam hal ini, bermunculan printer-printer dengan multifungsi, seperti halnya printer modern. Printer modern ini datang dengan fungsi multiguna yaitu mereka kombinasi printer, scanner, mesin foto kopi, faks, dan lainnya. Untuk memenuhi kebutuhan yang berbeda ada berbagai printer yang tersedia dan dapat bekerja di berbagai jenis teknologi saat ini.


Seperti dikemukakan dalam pengertian printer, sejak penemuan teknologi cetak, berbagai teknologi telah digunakan dalam printer komputer. Secara umum printer dapat dikategorikan kedalam dua jenis, yaitu printer impact dan printer non-impact. Printer impact adalah jenis printer yang digunakan untuk membuat surat. Contohnya printer daisy wheel dan printer dot matrix. Sedangkan printer non-impact tidak bekerja dengan pita tinta. Contohnya printer inkjet dan printer laser. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah jenis-jenis printer yang ada saat ini:



Printer Dot-Matrix




Printer dot-matrix merupakan jenis printer dari keluarga printer impact. Printer jenis ini pertama kali diperkenalkan oleh Centronics pada tahun 1970. Printer ini beroperasi dengan menggunakan kepala cetak yang menembak pita tinta untuk menghasilkan ratusan sampai ribuan dot (titik) kecil yang membentuk teks atau gambar.



Printer Thermal




Satu lagi dari keluarga printer impact, yaitu printer thermal. Printer jenis ini biasanya digunakan di kasir pembelanjaan dan mesin fax. Jenis printer ini bekerja dengan mengambil gulungan kertas yang berubah menjadi gelap ketika dipanaskan. Mekanisme cetaknya dengan menarik kertas yang bersebelahan dengan kepala cetak yang berisi pemanas elektronik yang canggih, dan mampu memproduksi teks dan grafik sederhana pada kertas. Printer thermal tidak memerlukan tinta, toner, atau perlengkapan lainnya, sehingga mudah digunakan dan memeliharanya.



Printer Inkjet





Inkjet Printer (printer inkjet) merupakan jenis printer yang populer saat ini, selain printer laser. Cara kerja printer ini adalah dengan menyemprotkan tinta dengan cartridge kedalam kertas, hingga menghasilkan teks dan grafis dengan kualitas tinggi. Printer inkjet mengunakan tinta yang tersimpan dalam cartridge tinta, umumnya tinta dipisahkan dalam kelompok warna utama. Warna-warna utama ini biasanya hitam, merah/magenta, hijau/cyan, dan kuning (CMYK). Printer ini sangat mendukung untuk kebutuhan multimedia, karena memiliki kualitas grafis yang sangat baik.



Printer Laser dan LED




Printer Laser dan Printer LED (light-emitting diode) adalah keluarga dari mesin fotokopi; keduanya memiliki mekanisme yang menggunakan drum Iogam dan toner bubuk yang sensitif terhadap cahaya. Dalam printer, cahaya dari laser atau LED "menarik" gambar halaman ke drum sebagai rangkaian percetakan. Cahaya menghasilkan muatan listrik statis dalam drum, menyebabkan toner untuk bereaksi. Ketika dipanaskan, toner mencair; printer menekan selembar kertas ke drum, sehingga toner melalui kertas dan membentuk objek yang dicetak. Printer laser memiliki proses cetak lebih cepat dari printer inkjet dengan hasil berkualitas tinggi.



Printer 3D (3 Dimensi)




Printer 3D dibuat pertama kali oleh Charles W. Hull pada tahun 1984. Printer 3D merupakan perangkat cetak tercanggih saat ini. Proses kerja dari printer ini adalah dengan menggunakan desain dari gambar digital untuk menghasilkan sebuah objek fisik berbentuk 3D yang identik. Bahan yang digunakan dalam proses percetakan bukanlah tinta atau kertas, melainkan umumnya menggunakan bahan-bahan seperti paduan logam, polimer, lilin, atau plastik. Printer All In One (Al0)/Printer Multifungsi (MFP).



Printer All In One




Printer All In One atau disebut juga sebagai Printer Multifungsi (Multifunctions Printer), merupakan jenis printer yang digunakan untuk menggambarkan perangkat printer serbaguna (all in one/multifungsi), fungsinya bukan lagi hanya sebagai alat cetak, tapi disematkan juga fungsi lain semisal scanner, fax, telephone, atau lainnya. Secara sederhana, jenis printer ini akan mencukupi macam kebutuhan Anda hanya dengan satu perangkat.



Sumber :

Sumarno. 2020. PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI. Jawa Timur : Uwais Inspirasi Indonesia


Huda, Miftahul. 2020. Open Systems Interconnection: Lapisan Sesi, Lapisan Representasi dan Lapisan Aplikasi. Indonesia : Bisakimia



Dirangkum oleh :

Agung Pambudi - 18311052 - SI 18 GX


Link :

http://teknokrat.ac.id

http://ftik.teknokrat.ac.id


0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Connect With Me